Info Kesehatan

5 Jenis Makanan Untuk Menyehatkan Sumsum Tulang Belakang

5 Jenis Makanan Untuk Menyehatkan Sumsum Tulang Belakang

Makanan untuk menyehatkan sumsum tulang – Nutrisi dari makanan yang kita makan akan menentukan kesehatan tubuh, termasuk kekuatan tulang belakang atau sumsum tulang serta bagaimana tubuh merespon kerusakan.

Makanan Untuk Menyehatkan Sumsum Tulang Belakang

Kita ketahui, jika sumsum tulang merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk tubuh.

Mengingat sumsum tulang sendiri berperan sebagai tempat untuk menyimpan lemak dan tempat produksi sel-sel darah putih dan merah.

Jika sumsum tulang rusak atau mengalami penurunan fungsi, maka hal ini akan berpengaruh terhadap asupan darah yang nantinya bisa merusak aliran nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan tulang sumsum dan keseluruhan tubuh agar tidak terjadi masalah yang mengganggu dan membuat ketidaknyamanan.

Salah satunya dengan memenuhi asupan nutrisi lewat makanan yang dikonsumsi.

Makanan Penting Untuk Menyehatkan Sumsum Tulang Belakang

Brokoli

Makanan Untuk Menyehatkan Sumsum Tulang BelakangMakanan pertama yang bisa Anda masukkan ke daftar menu harian Anda adalah brokoli.

Ya, brokoli merupakan jenis sayuran hijau yang kaya akan fosfor yang dinilai bermanfaat untuk membuang racun dalam darah yang bisa merusak sumsum tulang.

Tak hanya itu, brokoli juga mengandung sulforaphane yang merupakan senyawa yang tak hanya penting bagi kesehatan juga dapat membantu dalam memulihkan keseimbangan dan mencegah perkembangan kanker.

Seperti dilansir dari Huffingtonpost, Selasa (18/12/12) yang admin kutip dari liputan6.com , baru-baru ini Jurnal PLoS ONE menemukan jika inkubasi senyawa sulfarophane bisa membunuh sel-sel leukimia (kanker darah) lymphoblastic yang biasanya menyerang anak-anak.

Kanker jenis ini dapat menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang belakang dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Namun pada umumnya, kemungkinan sembuh dari penyakit ini sangatlah besar yakni sekitar 80%. (sumber : liputan6.com)

Jadi tak ada salahnya bagi Anda, terutama yang memiliki anak-anak untuk mulai memasukkan brokoli ke menu makanan Anda dan anak, agar terhindari dari masalah pada sumsum tulang termasuk leukimia atau kanker sumsum tulang belakang yang memang seringkali menimpa anak-anak.

Tahu

Makanan Untuk Menyehatkan Sumsum Tulang BelakangMakanan kedua yang bisa dijadikan kudapan sehat untuk menguatkan tulang sumsum adalah tahu.

Ya, tahu. Sahabat setia tempe yang murah meriah namun mengandung nutrisi penting bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam menjaga kesehatan tulang sumsum.

Tahu mengandung beberapa zat gizi penting seperti halnya protein, kalsium, zat besi, fosfor, asam amino esensial, vitamin dan mineral, selenium, mangan, seng dan tembaga.

Tak suka makan tahu?

Admin bilang sih rugi ya kalau tidak suka makanan merakyat yang satu ini, karena dengan banyaknya kandungan nutrisi yang disebutkan di atas, banyak juga manfaat yang mungkin akan Anda lewati.

Beberapa manfaat tahu selain baik untuk menjaga kesehatan sumsum tulang, yakni untuk mengurangi risiko kanker, menurunkan risiko penyakit kardiovascular, osteoporosis, diabetes tipe 2 dan baik untuk fungsi otak serta elastisitas kulit. ( sumber : alodokter.com/manfaat-tahu-dan-resep-sehat-olahannya )

Ikan tuna

Ikan memang menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung banyak protein tinggi dan berbagai kandungan lainnya seperti kalori, amino acid, karbohidra, vitamin dan mineral. Termasuk ikan tuna.

Untuk itu, tak heran jika Anda mengonsumsi ikan tuna setiap hari, atau minimal satu minggu sekali dapat mengurangi resiko terkena penyakit seperti kanker sumsum tulang (leukimia), kanker payudara, dan kanker ginjal.

5 Jenis Makanan Untuk Menyehatkan Sumsum Tulang Belakang

Tak hanya mencegah kanker, manfaat mengonsumsi ikan tuna secara teratur juga bisa mencegah stroke, penyakit jantung, mencegah dan mengurangi obesitas, menurunkan kadar trigliserida, tekanan darah, serta menjaga imunitas tubuh, sehingga Anda dan keluarga tidak gampang sakit.

Jangan terlalu berlebihan juga, konsumsi secukupnya saja karena diketahui ikan tuna mengandung merkuri yang jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih bisa membahayakan sistem saraf. (sumber : hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-ikan-tuna/)

Lentil

Makanan Untuk Menyehatkan Sumsum Tulang BelakangPernah mendengar jenis bahan makanan bernaman lentil?

Lentil merupakan makanan sejenis kacang atau polong-polongan yang baik karena manfaatnya untuk menjaga kesehatan tulang sumsum.

Lentil kaya akan kandungan asam folat, protein dan vitamin B , yang dapat membantu tulang sumsum membuat sel darah merah untuk memasok oksigen dalam sel, organ dan jaringan tubuh.

Lentil juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, melembabkan kulit kering dan sebagai anti-aging (anti penuaan dini).

Beras merah

Makanan kaya asam folat seperti halnya beras merah, brokoli, bayam, buncis, dan sereal memang dibutuhkan untuk menyehatkan tubuh, termasuk untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Makanan Untuk Menyehatkan Sumsum Tulang BelakangSeperti halnya pada beras merah dipercaya sangat membantu dalam pemeliharaan tulang yang sehat.

Di dalamnya kaya akan kalsium dan magnesium yang dapat menyediakan striktur fisik tulang, mencegah deminerlisasi tulang serta bermanfaat untuk kondisi medis seperti arthritis dan osteoporosis.

Beras merah juga biasanya banyak dikonsumsi oleh orang dengan penderita diabetes, karena memang beras merah dapat mengontrol penyakit diabetes pada penderita diabetes dan individu hiperglikemik.

Tak cukup sampai situ saja, beras merah juga bermanfaat untuk :

  • Mencegah obesitas / kegemukan
  • Mencegah alzheimer
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mengontrol kadar kolesterol
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan
  • Mencegah kanker,
  • Dan masih banyak lagi.

Namun ingat, konsumsi beras merah sewajarnya saja.

Karena diketahui penggunaan berasmerah berlebihan bisa menyebabkan jaringan rusak dan tidak mampu mencerna protein, bakteri jahat, dan partikel lainnya hingga masuk ke aliran darah, yang berefek pada terjadinya penyakit autoimun dan gangguan mental.

Jadi ingat! Meskipun lima makanan tersebut baik untuk kesehatan seperti halnya untuk kesehatan sumsum tulang, tetapi konsumsi sewajarnya saja karena yang berlebihan itu tetap tidak baik.

Mungkin untuk saat ini hanya itu yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.